SILABUS MK FILSAFAT BISNIS/PARIWISATA



SILABUS

  1. Identitas Mata Kuliah                      
Nama Mata Kuliah                  : Pengantar Filsafat Bisnis
Nomor Kode                           : IAB.304
Jumlah SKS                            :  2 SKS
Semester                                  : 3
Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Dasar Akademik (MKDA)
Program Studi                         : ILMU ADMINISTRASI BISNIS
Prasyarat                                 : -
Dosen                                      : NANA SUPRIATNA M.Pd

  1. Tujuan :
Memahami arti dan lingkup filsafat, aliran filsafat, peranan filsafat dalam perkembangan ilmu, dan peranan filsafat untuk kehidupan.
Setelah mengikuti mata kuliah ini mahasiswa dapat memahami dan menghayati bahwa kegiatan bisnis adalah kegiatan sosial dan kultural manusia.


  1. Deskripsi Isi :
Mata kuliah ini mempelajari dasar-dasar filosof kegiatan bisnis yang merupakan kegiatan sosial dan kultural manusia.Dalam mata kuliah ini, aktivitas bisnis dilihat sebagai manifestasi dorongan hidup manusia (vital impetus) untuk mempertahankan hidup, untuk hidup balk, dan untuk hidup lebih baik Lagi (to keep alive, to live well, and to live better). Pasar dilihat sebagai institusi yang relevan untuk mewujudkan tujuan hidup ini, melalui pembagian kerja (division of labour) yang efisien dan pertukaran (exchange) yang memuaskan semua pihak. Profit dilihat sebagai “tujuan antara” dalam rangka mencapai tujuan hidup berupa mempertahankan hidup, hidup balk, dan hidup lebih baik lagi. Hakikat aktivitas bisnis sendiri mengandaikan “yang lain yang sejahtera” (prosperous others). Kegiatan bisnis tidak akan berjalan, atau akan sangat eksklusif berlangsungnya, bila orang-orang lain tidak sejahtera. Dengan kata lain, tujuan bisnis ialah “kesejahteraan bersama” atau tercapainya “tujuan hidup” semua pihak. Manusia sebagai makhluk ekonomi (homo economicus) harus diletakkan dalam konteks yang holistik, yaitu manusia sebagai makhluk rasional (animal rationale) dan sebagai makhluk sosial (ens sociale). Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar dan masalah-masalah pokok bisnis sebagai disiplin ilmu dalam perspektif filsafat serta perkembangan dan implementasinya dalam dunia bisnis/industri pariwisata secara kompehensif. Mahasiswa setelah mempelajari hal ini diharapkan dapat memahami, menjelaskan dan menerapkan tentang konsep-konsep essensial, dasar-dasar keilmuan dan filosofi dalam dimensi ontologis, epistemologis dan eksiologis pariwisata dalam tugas profesinya sesuai dengan kaidah, moral dan etika ilmu dan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia dan ajaran agama untuk kesejahteraan dan martabat umat manusia.

  1. Pendekatan Pembelajaran :
- Metode         : Ceramah, pengamatan lapangan, diskusi dan pemecahan
   masalah.
- Tugas            : Makalah, penyajian dan diskusi
- Media            : OHP, LCD/Powerpoint

  1. Evaluasi :
a.       Kehadiran
b.      Makalah
c.       Penyajian dan diskusi
d.      UTS
e.       UAS

  1. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan :
Pertemuan ke 1 : Pengertian filsafat
Pertemuan ke 2 : Madzhab Filsafaty
Pertemuan ke 3 : Pengertian Filsafat Ilmu.
Pertemuan ke 4: Kepariwisataan/bisnis sebagai disiplin ilmu
Pertemuan ke 5 : Kepariwisataan/bisnis dalam perspektif filsafat
Pertemuan ke 6 : Sistem Kepariwisataan/bisnis
Pertemuan ke 7 : U T S
Pertemuan ke 8 dan 9 : Dasar-dasar pengembangan kepariwisataan/bisnis
Pertemuan ke 10 dan 11 : Agenda abad 32.
Pertemuan ke 12 dan 13 : Landasan Bisnis Indonesia
Pertemuan ke 14 : Fungsi dan peran filsafat Ilmu Bisnis
Pertemuan ke 15 : Implikasi dan implementasi fils. Ilmu keparw dlm dunia bisnis/indust.kepariwisata.
Pertemuan ke 16 : UAS

  1. Daftar Buku :
Cooper, Chris et al., (1998), Tourism, Principle and Practice, Second Edition, New York, Addison Wesley Langkan Publishing.

Ismaun, (2004), Filsafat Ilmu, Diktat Kuliah, Bandung, UPI – PPS

Kuswayadi dan Endar Sugiarto, (2000), Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama

Matgieson, Alister, and Wall Geoffrey, (l986), Tourism, Economic, Physical and Social Impacts, London & New York;Longman.

Mill, Robert Christie (2001), Tourism, The International Businness, Edisi B.Indonesia, Penerjemah Tri Budi Satrio, Jakarta, Raja Grafindo

Pendit, Nyoman S., (2002), Ilmu Pariwisata:Sebuah Pengantar Perdana, Jakarta;Prasedya-Paramita

Suriasumantri, Jujun S.92000), Filsafat Ilmu- Sebuah Pengantar Populer; Jakarta, Pustaka Sinar Harapan.

Sumber dan Dokumen:
Ketetapan MPR No.IV/MPR/1999 tentang GBHN tahun 1999-2004, Jakarta;Sekretariat Jenderal MPR RI

UU No. 25/2000 tentang Program PembangunanNasional 2000-2004, Jakarta, Sinar Grafika

UU No. 20/2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bandung, Fokus Media.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PERSIDANGAN DALAM BERORGANISASI

SILABUS BISNIS KREATIFITAS DAN INOVASI

TUGAS REMEDIAL BAHASA INDONESIA