silabus desain dan pegembangan produk SMT 7



Nama Makul: Desain dan Pengembangan Produk
DOSEN : Nana Supriatna S.Pd., M.Pd

A. Gambaran Umum Matakuliah
Kode Kuliah
IAB 706
Kredit :
3 SKS
Semester :
Ganjil
KBK/Bidang Keahlian:

Sifat:
Wajib

Sifat kuliah
Kuliah
Kelompok Kuliah
Matakuliah Pilihan
Course Title (Indonesian)
Nama Matakuliah
Desain dan Pengembangan Produk
Course Title (English)
Nama Matakuliah
Design and Product Development System
Short Description
Silabus ringkas
Mahasiswa akan diperkenalkan tentang peran pengembangan produk bagi peningkatan daya saing perusahaan, juga akan disampaikan strategi pengembangan produk, tahapan-tahapan utama pengembangan produk baru, konsep penentuan pasar, pendekatan kreatif pengembangn produk, teknik-teknik pengukuran persepsi dan preferensi konsumen, proses desain produk, pengembangan, validasi dan pengujian hasil rancangan, peluncuran produk baru, manajemen proyek pengembangan produk baru, organisasi pengembangan produk baru, aspek ekonomis pengembangan produk baru, dan pengantar manajemen produk.
Goals
Tujuan Instruksional Umum (TIU)
Mahasiswa mampu memahami secara lebih baik konsep/pengetahuan tentang pengembangan produk dan menganalisis serta menerapkan metode dan teknik pengembangan produk pada kasus-kasus hipotetik dan nyata.

Related Courses
1. Pemodelan Sistem


2. Pemodelan Entreprise

Percentage
Knowledge   =     
60%
Sarana/
x
Papantulis/white board

Skill   =  
30%
Media
x
LCD/Infocus

Attitude   =     
10%

x
Komputer (lab)
Activity (hour/week)
Course (kuliah) =
2


courseware

Tutorial (Responsi)= 


e-learning

Lab Works (Prakt)=  
1


Lainnya ..

Others :………….=



Assessment/Penilaian
UTS =
30 %
Ya

UAS =
35 %
Ya

Tugas =
35 %
Ya

Others:…………
……%

References/Bibliography

1.      Cooper R.G, Winning at New Products, Perseus Publishing, Cambridge, Massachusetts, third edition, 2001.
2.      Cross N, Engineering Design Methods: Strategies for Product Design, Hohn Wiley & Sons, Second Edition, 1994.
3.      Kotler P at all, Marketing Management : An Asian Perspective, Pearson Prentice Hall, Third Edition, 2003.
4.    Ulrich K.T, Eppinger S.D, Product Design and Development, McGraw-Hill, Second Edition, 2000.
5.      Urban G.L, Hauser J.R, Design and Marketing of New Products, Prentice Hall International Editions, second Edition, 1993.
6.      Wind Y.J, Product Policy, Addison-Wesley Publishing Company, Massachusetts, 1982.
Strategi Pedagogi dan Pesan Untuk Pengajar:

Untuk memperkaya pemahaman, mahasiswa sebaiknya diberikan tugas individu dan kelompok guna  mampu menganalisis permasalahan pengembangan produk dan mampu menerapkan konsep, metode dan teknik pengembangan produk yang diajarkan di muka kelas pada kasus-kasus nyata atau hipotetik pengembangan produk.













Semester 1 thn 2017/2018

Aturan Main :

NON TEKNIS :

  1. Kuliah dilarang menggunakan sandal jeeeepiiiiittttt

  1. Peserta kuliah dilarang ngobrol yg tdk relevan

  1. Mhs dilarang main sms di ruang kelas

TEKNIS :

  1. Tingkat kehadiran maksimal absen 3x
  2. Tidak ada ujian (UTS & UAS) susulan
  3. Tugas kuliah (mandiri, kelompok) wajib dikumpulkan
  4. Penilaian kelulusan :

(a) TUGAS + KUIZ               =   35%
                        (b)  UTS                                  =   30% (minggu ke 9 – ke 10)
                         (c) UAS                                  =   35%  (minggu ke 16)

      
B. Kontribusi Matakuliah pada Pembentukan Kompetensi Lulusan (Program Outcomes)
No
Kompetensi (program Outcomes)
Penjelasan Bagaimana Materi dan Proses Pembelajaran Mata Kuliah ini Memberikan Kontribusi pada pembentukan Kompetensi Lulusan
A
Mampu berpikir sistemik dan mampu menganalisis, merencanakan, serta mengimpelementasikan rancangan sistem “manusia-mesin” maupun upaya perbaikannya
Pemberian tugas/proyek kelas pada kasus-kasu nyata dan atau hipotetik pengembangan produk baru
B
Mampu melakukan sintesis dan mengambil kesimpulan dalam kegiatan penelitian dalam disiplin teknik industry
Pemberian tugas yang berkaitan dengan makalah ilmiah dari riset-riset terkini pengembangan produk baru.

Penjelasan materi kuliah
C
Mampu bekerjasama baik dalam lingkungan disiplin teknik industri maupun dalam lingkungan multi-disiplin, untuk menyelesaikan persoalan nyata maupun dalam kelompok penelitian
Pengerjaan tugas/proyek kelas secara kelompok
D
Memiliki etika keprofesian yang baik
Penjelasan materi kuliah
E
Memiliki kemampuan untuk belajar terus-menerus
Pemberian tugas untuk mencari informasi dan mengembangkan kreativitas

C. Kontribusi Matakuliah pada Keprofesian Teknik Industri

No
Komponen Keprofesian
1
2
3
Keterangan
1
Merancang (designing)


x

2
Standard Engineering
x



3
Menulis laporan/dokumen

x


4
Mempresentasikan

x


5
Membuat pertimbangan

x


6
Menggunakan software

x



D. Uraian Rinci Materi Kuliah                                                                                                    
Mg #
Topik
Sub Topik
Tujuan Instruksional Khusus (TIK)
Activity
K/P/R/X/U
1.      
Pengantar
Tujuan kuliah
Cakupan materi
Deliverables (output dari mahasiswa)
Referensi
Memahami apa yang ingin dicapai melalui kuliah ini, cakupan materi pengajaran, referensi yang digunakan, serta output yang diharapkan sebagai hasil proses belajar mengajar
K
2.      
Pendahulan Pengembangan Produk Baru
Definisi Produk Baru, Peran Pengembangan Produk sebagai pencipta keunggulan bersaing perusahaan
Mampu memahami secara lebih baik pengertian produk dan pengembangan produk, dilema pengembangan produk baru, dan mampu mengidentifikasi kunci keberhasilan pengembangan produk
K
3.      
Strategi Pengembangan Produk

Posisi strategi pengembangan produk terhadap strategi perusahaan lainnya

Jenis-Jenis Strategi pengembangan produk baru
Mampu memahami secara lebih baik strategi pengembangan produk sebagai salah satu operasionalisasi strategi perusahaan dan strategi reaktif dan proaktif pengembangn produk baru serta mampu mengidentifikasi kapan suatu perusahaan menerapkan suatu jenis strategi pengembangan produk
K
4.      
Proses Pengembangan Produk
Tahapan Utama Pengembangan Produk Baru
Mampu memahami secara lebih baik tahapan-tahapan pokok pengembangan produk baru secara kompehensif dan terpadu
K
5.      
Konsep Penentuan Pasar
Pendefinisian Pasar


Mampu memahami secara lebih baik konsep pasar, mampu menentukan cara pendefinisiannya melalui berbagai jenis metode/teknik segmentasi pasar dan pemilihan pasar sasaran yang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai.
K, P, R
6.      
Analisis Posisi Produk dan Portofolio Produk
Analisis persepsi dan preferensi konsumen
Mampu menentukan posisi produk di benak konsumen berdasarkan sejumlah atribut/karakteristik yang dipersepsi dan dikehendaki dari produk baru serta portofolio produk

Mampu menerapkan metode dan teknik analisis persepsi dan preferensi konsumen

K, P, R
7.      
Pendekatan Kreatif Pengembangan Ide Produk

Sumber ide, metode pembangkitan ide, manajemen ide

Mampu memahami dan menerapkan metode dan teknik-teknik kreatif dalam mengembangkan ide produk baru
K, P, R
8.      
-
-
UTS
U
9.      
Proses Desain Produk baru
Penerjemahan suara konsumen menjadi spesifikasi teknis, pembangkitan konsep produk, dan pemilihan konsep produk yang dikembangkan lebih lanjut

Mampu memahami secara lebih baik bagaimana menerjemahkan keinginan konsumen menjadi seperangkat spesifikasi teknis produk, mampu menerapkan teknik QFD (Quality Function Deployment), mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menentukan konsep produk baru untuk dikembangkan lebih lanjut
K
10.  
Pengembangan Desain Rinci
Pengembangan arsitektur produk, Desain rinci melalui desain industri, DFM dan Pengembangan prototype.
Mampu menerjemahkan konsep produk terpilih menjadi produk jadi dengan memanfaatkan metode & teknik desain rinci.
K, P
11.  
Uji Pemasaran Produk
Uji pasar, Saat komersialisasi, Proses penerimaan konsumen
Memahami secara lebih baik tujuan dan prinsip-prinsip uji pemasaran dan komersialisasi produk baru
K
12.  
Manajemen Proyek Pengembangan Produk baru
Manajemen Proyek Pengembangan Produk baru,  Organisasi Pengembangan Produk baru, dan Sistem Informasi Pengembangan Produk baru
Memahami secara lebih baik prinsip-prinsip manajemen proyek, struktur organisasi pengembangan produk, dan sistem informasi yang membantu pengambilan keputusan pengembangan produk
K
13.  
Aspek Ekonomi pengembangan produk baru





Presentasi tugas I

Analisis biaya pengembangan produk baru dan analisis profitabilitas suatu proyek pengembangan produk baru


Presentasi kelompok dan diskusi kelas
Mampu menganalisis dan mengambil keputusan finansial suatu proyek pengembangan produk baru




Mahasiswa mampu mengidentifikasi/menjelaskan/memecahkan persoalan/menunjukkan tahapan-tahapan logis pengembangan produk dari tugas yang diberikan serta mampu menerapkan metode dan teknik pengembangan produk yang relevan.
X
 
     K
14.  
HAKI





Presentasi tugas II
Memperkenalkan apa saja jenis Hukum Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI)


Presentasi kelompok dan diskusi kelas
Mahasiswa mampu memahami peran HAKI sebagai dasar penciptaan daya saing berkelanjutan


Idem dengan presentasi di minggu ke 13
    K





    X
15.  
Presentasi tugas III
Presentasi kelompok dan diskusi kelas
Idem
     X
16.  
-
-
UAS
U

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PERSIDANGAN DALAM BERORGANISASI

SILABUS BISNIS KREATIFITAS DAN INOVASI

TUGAS REMEDIAL BAHASA INDONESIA