silabus desain dan pegembangan produk SMT 7
Nama Makul: Desain dan Pengembangan Produk
DOSEN : Nana
Supriatna S.Pd., M.Pd
A. Gambaran
Umum Matakuliah
Kode Kuliah
IAB 706
|
Kredit :
3 SKS
|
Semester :
Ganjil
|
KBK/Bidang Keahlian:
|
Sifat:
Wajib
|
|||||
Sifat kuliah
|
Kuliah
|
||||||||
Kelompok Kuliah
|
Matakuliah Pilihan
|
||||||||
Course
Title (Indonesian)
Nama Matakuliah
|
Desain
dan Pengembangan Produk
|
||||||||
Course
Title (English)
Nama Matakuliah
|
Design and Product
Development System
|
||||||||
Short
Description
Silabus ringkas
|
Mahasiswa
akan diperkenalkan tentang peran pengembangan produk bagi peningkatan daya
saing perusahaan, juga akan disampaikan strategi pengembangan produk,
tahapan-tahapan utama pengembangan produk baru, konsep penentuan pasar,
pendekatan kreatif pengembangn produk, teknik-teknik pengukuran persepsi dan
preferensi konsumen, proses desain produk, pengembangan, validasi dan
pengujian hasil rancangan, peluncuran produk baru, manajemen proyek
pengembangan produk baru, organisasi pengembangan produk baru, aspek ekonomis
pengembangan produk baru, dan pengantar manajemen produk.
|
||||||||
Goals
Tujuan Instruksional Umum (TIU)
|
Mahasiswa
mampu memahami secara lebih baik konsep/pengetahuan tentang pengembangan
produk dan menganalisis serta menerapkan metode dan teknik pengembangan
produk pada kasus-kasus hipotetik dan nyata.
|
||||||||
Related
Courses
|
1. Pemodelan Sistem
|
|
|||||||
|
2. Pemodelan Entreprise
|
|
|||||||
Percentage
|
Knowledge =
|
60%
|
Sarana/
|
x
|
Papantulis/white board
|
||||
|
Skill
=
|
30%
|
Media
|
x
|
LCD/Infocus
|
||||
|
Attitude =
|
10%
|
|
x
|
Komputer (lab)
|
||||
Activity
(hour/week)
|
Course (kuliah) =
|
2
|
|
|
courseware
|
||||
|
Tutorial (Responsi)=
|
…
|
|
|
e-learning
|
||||
|
Lab Works (Prakt)=
|
1
|
|
|
Lainnya ..
|
||||
|
Others :………….=
|
…
|
|
|
|
||||
Assessment/Penilaian
|
UTS =
|
30 %
|
Ya
|
||||||
|
UAS =
|
35 %
|
Ya
|
||||||
|
Tugas =
|
35 %
|
Ya
|
||||||
|
Others:…………
|
……%
|
|
||||||
References/Bibliography
|
1. Cooper R.G, Winning at New Products, Perseus
Publishing, Cambridge, Massachusetts, third edition, 2001.
2. Cross N, Engineering Design Methods: Strategies
for Product Design, Hohn Wiley & Sons, Second Edition, 1994.
3. Kotler P at all, Marketing Management : An Asian
Perspective, Pearson Prentice Hall, Third Edition, 2003.
4.
Ulrich K.T,
Eppinger S.D, Product Design and Development, McGraw-Hill, Second
Edition, 2000.
5. Urban G.L, Hauser J.R, Design and Marketing of
New Products, Prentice Hall International Editions, second Edition, 1993.
6. Wind Y.J, Product Policy, Addison-Wesley
Publishing Company, Massachusetts,
1982.
|
||||||||
Strategi Pedagogi dan Pesan
Untuk Pengajar:
Untuk memperkaya pemahaman, mahasiswa sebaiknya diberikan tugas individu
dan kelompok guna mampu menganalisis
permasalahan pengembangan produk dan mampu menerapkan konsep, metode dan
teknik pengembangan produk yang diajarkan di muka kelas pada kasus-kasus
nyata atau hipotetik pengembangan produk.
|
|||||||||
Semester 1 thn
2017/2018
Aturan Main :
NON TEKNIS :
- Kuliah dilarang menggunakan sandal jeeeepiiiiittttt
- Peserta kuliah dilarang ngobrol yg tdk relevan
- Mhs dilarang main sms di ruang kelas
TEKNIS :
- Tingkat kehadiran maksimal absen 3x
- Tidak ada ujian (UTS & UAS) susulan
- Tugas kuliah (mandiri, kelompok) wajib dikumpulkan
- Penilaian kelulusan :
(a) TUGAS + KUIZ = 35%
(b) UTS = 30% (minggu ke 9 – ke 10)
(c) UAS = 35%
(minggu ke 16)
B. Kontribusi
Matakuliah pada Pembentukan Kompetensi Lulusan (Program Outcomes)
No
|
Kompetensi
(program Outcomes)
|
Penjelasan Bagaimana Materi dan Proses Pembelajaran Mata
Kuliah ini Memberikan Kontribusi pada pembentukan Kompetensi Lulusan
|
A
|
Mampu berpikir sistemik dan mampu menganalisis,
merencanakan, serta mengimpelementasikan rancangan sistem “manusia-mesin”
maupun upaya perbaikannya
|
Pemberian tugas/proyek
kelas pada kasus-kasu nyata dan atau hipotetik pengembangan produk baru
|
B
|
Mampu melakukan sintesis dan mengambil kesimpulan dalam
kegiatan penelitian dalam disiplin teknik industry
|
Pemberian tugas yang berkaitan dengan makalah ilmiah dari
riset-riset terkini pengembangan produk baru.
Penjelasan materi kuliah
|
C
|
Mampu bekerjasama baik dalam lingkungan disiplin teknik
industri maupun dalam lingkungan multi-disiplin, untuk menyelesaikan
persoalan nyata maupun dalam kelompok penelitian
|
Pengerjaan tugas/proyek kelas secara kelompok
|
D
|
Memiliki etika
keprofesian yang baik
|
Penjelasan materi kuliah
|
E
|
Memiliki
kemampuan untuk belajar terus-menerus
|
Pemberian tugas
untuk mencari informasi dan mengembangkan kreativitas
|
C. Kontribusi
Matakuliah pada Keprofesian Teknik Industri
No
|
Komponen Keprofesian
|
1
|
2
|
3
|
Keterangan
|
1
|
Merancang (designing)
|
|
|
x
|
|
2
|
Standard Engineering
|
x
|
|
|
|
3
|
Menulis laporan/dokumen
|
|
x
|
|
|
4
|
Mempresentasikan
|
|
x
|
|
|
5
|
Membuat pertimbangan
|
|
x
|
|
|
6
|
Menggunakan software
|
|
x
|
|
|
D. Uraian Rinci Materi Kuliah
Mg #
|
Topik
|
Sub Topik
|
Tujuan Instruksional
Khusus (TIK)
|
Activity
K/P/R/X/U
|
||
1.
|
Pengantar
|
Tujuan kuliah
Cakupan materi
Deliverables (output dari mahasiswa)
Referensi
|
Memahami
apa yang ingin dicapai melalui kuliah ini, cakupan materi pengajaran,
referensi yang digunakan, serta output yang diharapkan sebagai hasil proses
belajar mengajar
|
K
|
||
2.
|
Pendahulan
Pengembangan Produk Baru
|
Definisi Produk Baru, Peran Pengembangan Produk
sebagai pencipta keunggulan bersaing perusahaan
|
Mampu memahami secara lebih baik pengertian
produk dan pengembangan produk, dilema pengembangan produk baru, dan mampu
mengidentifikasi kunci keberhasilan pengembangan produk
|
K
|
||
3.
|
Strategi
Pengembangan Produk
|
Posisi
strategi pengembangan produk terhadap strategi perusahaan lainnya
Jenis-Jenis Strategi pengembangan produk baru
|
Mampu memahami secara lebih baik strategi
pengembangan produk sebagai salah satu operasionalisasi strategi perusahaan
dan strategi reaktif dan proaktif pengembangn produk baru serta mampu mengidentifikasi
kapan suatu perusahaan menerapkan suatu jenis strategi pengembangan produk
|
K
|
||
4.
|
Proses
Pengembangan Produk
|
Tahapan Utama Pengembangan Produk Baru
|
Mampu memahami secara lebih baik tahapan-tahapan
pokok pengembangan produk baru secara kompehensif dan terpadu
|
K
|
||
5.
|
Konsep
Penentuan Pasar
|
Pendefinisian Pasar
|
Mampu
memahami secara lebih baik konsep pasar, mampu menentukan cara
pendefinisiannya melalui berbagai jenis metode/teknik segmentasi pasar dan
pemilihan pasar sasaran yang relevan dengan tujuan yang ingin dicapai.
|
K,
P, R
|
||
6.
|
Analisis
Posisi Produk dan Portofolio Produk
|
Analisis
persepsi dan preferensi konsumen
|
Mampu
menentukan posisi produk di benak konsumen berdasarkan sejumlah
atribut/karakteristik yang dipersepsi dan dikehendaki dari produk baru serta
portofolio produk
Mampu
menerapkan metode dan teknik analisis persepsi dan preferensi konsumen
|
K,
P, R
|
||
7.
|
Pendekatan
Kreatif Pengembangan Ide Produk
|
Sumber ide, metode pembangkitan ide, manajemen
ide
|
Mampu
memahami dan menerapkan metode dan teknik-teknik kreatif dalam mengembangkan
ide produk baru
|
K,
P, R
|
||
8.
|
-
|
-
|
UTS
|
U
|
||
9.
|
Proses
Desain Produk baru
|
Penerjemahan
suara konsumen menjadi spesifikasi teknis, pembangkitan konsep produk, dan
pemilihan konsep produk yang dikembangkan lebih lanjut
|
Mampu
memahami secara lebih baik bagaimana menerjemahkan keinginan konsumen menjadi
seperangkat spesifikasi teknis produk, mampu menerapkan teknik QFD (Quality
Function Deployment), mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan menentukan
konsep produk baru untuk dikembangkan lebih lanjut
|
K
|
||
10.
|
Pengembangan
Desain Rinci
|
Pengembangan
arsitektur produk, Desain rinci melalui desain industri, DFM dan Pengembangan
prototype.
|
Mampu
menerjemahkan konsep produk terpilih menjadi produk jadi dengan memanfaatkan
metode & teknik desain rinci.
|
K,
P
|
||
11.
|
Uji
Pemasaran Produk
|
Uji pasar, Saat komersialisasi, Proses
penerimaan konsumen
|
Memahami
secara lebih baik tujuan dan prinsip-prinsip uji pemasaran dan komersialisasi
produk baru
|
K
|
||
12.
|
Manajemen
Proyek Pengembangan Produk baru
|
Manajemen
Proyek Pengembangan Produk baru,
Organisasi Pengembangan Produk baru, dan Sistem Informasi Pengembangan
Produk baru
|
Memahami secara lebih baik prinsip-prinsip
manajemen proyek, struktur organisasi pengembangan produk, dan sistem
informasi yang membantu pengambilan keputusan pengembangan produk
|
K
|
||
13.
|
Aspek
Ekonomi pengembangan produk baru
Presentasi
tugas I
|
Analisis
biaya pengembangan produk baru dan analisis profitabilitas suatu proyek
pengembangan produk baru
Presentasi kelompok dan diskusi kelas
|
Mampu menganalisis dan
mengambil keputusan finansial suatu proyek pengembangan produk baru
Mahasiswa
mampu mengidentifikasi/menjelaskan/memecahkan persoalan/menunjukkan
tahapan-tahapan logis pengembangan produk dari tugas yang diberikan serta
mampu menerapkan metode dan teknik pengembangan produk yang relevan.
|
|
||
14.
|
HAKI
Presentasi
tugas II
|
Memperkenalkan
apa saja jenis Hukum Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
Presentasi kelompok dan diskusi kelas
|
Mahasiswa
mampu memahami peran HAKI sebagai dasar penciptaan daya saing berkelanjutan
Idem dengan presentasi di minggu ke 13
|
K
X
|
||
15.
|
Presentasi
tugas III
|
Presentasi kelompok dan diskusi kelas
|
Idem
|
X
|
||
16.
|
-
|
-
|
UAS
|
U
|
Komentar
Posting Komentar