kisi kisi Bahasa Indonesia ADMINISTRASI BISNIS


Latihan Soal Bahasa Indonesia
1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahasa!
Menurut Gorys Keraf (1997:1), bahasa adalah alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia.
2. Dalam bahasa terdapat sistem, lambang dan bunyi. Jelaskan!
  • Bahasa sebagai system : Bahasa memiliki sifat yang teratur, berpola, memiliki makna dan fungsi. Sistematis diartikan pula bahwa bahasa itu tersusun menurut suatu pola, tidak tersusun acak.
  • Bahasa itu berwujud lambing: Bahasa sebagai lambang, di dalamnya ada tanda, sinyal, gejala, gerak isyarat, kode, indeks, dan ikon. Lambang sendiri sering disamakan dengan simbol. Dengan demikian, bahasa sebagai lambang artinya memiliki simbol untuk menyampaikan pesan kepada lawan tutur. Ia berfungsi untuk menegaskan bahasa yang hendak disampaikan.
  • Bahasa itu adalah bunyi: Bahasa itu adalah yang sifatnya primer, dapat diucapkan dan menghasilkan bunyi. Sebagai bunyi, bahasa berfungsi untuk menyampaikan pesan lambang.
3. Bahasa memiliki beberapa fungsi. Jelaskan fungi-fungsi tersebut dan beri contohnya!
  • Bahasa sebagai alat ekspresi diri: Mampu mengungkapkan gambaran, maksud, gagasan, dan perasaan. Melalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran kita. Sebagai Contoh adalah tulisan kita dalam sebuah buku, merupakan hasil dari ekspresi diri kita.
  • Sebagai alat komunikasi : Bahasa digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi, berinteraksi, berhubungan, menyampaikan pendapat kepada oang lain. sebagai contohnya seorang pelajar yang menelepon temannya untuk menanyakan PR. Sebagai contohnya kita menggunakan bahasa yang berbeda pada orang yang berbeda. Kita akan meggunakan bahasa yang nonstandar di lingkungan teman-teman dan menggunakan bahasa standar pada orang tua atau orang yang kita hormati.
3. Alat mengadakan integrasi dan adaptasi social Bahasa merupakan salah satu unsure kebudayaan yang memungkinkan manusia memanfaatkan pengalaman-pengalaman mereka, mempelajari dan mengambil bagian dalam pengalaman tersebut, serta belajar berkenalan dengan orang-orang lain.
4. Alat mengadakan kontrol social Bahasa merupakan alat yang dipergunakan dalam usaha mempengaruhi tingkah laku dan tindak tanduk orang lain. Bahasa juga mempunyai relasi dengan proses-proses sosialisasi suatu masyarakat.Sebagai contohnya sebagai alat peredam rasa marah. Menulis merupakan salah satu cara yang sangat efektif untuk meredakan rasa marah kita.
4. Apa yang dimaksud “Gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar”. Jelaskan! Menurut Anton M. Moeliono (dalam Majalah Pembinaan Bahasa Indonesia, 1980), berbahasa Indonesia dengan baik dan benar dapat diartikan pemakaian ragam bahasa yang serasi dengan sasarannya dan yang disamping itu mengikuti kaidah bahasa yang betul. Ungkapan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sebaliknya, mengacu ke ragam bahasa yang sekaligus memenuhi persyaratan kebaikan dan kebenaran. Bahasa Indonesia yang baik dan benar adaah bahasa Indonesia yang digunakan sesusai dengan norma kemasyarakatan yan berlaku dan sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.
5. Kriteria yang digunakan untuk melihat penggunaan bahasa yang baik dan benara dalah melalui kaidah bahasa. Kaidah bahasa meliputi beberapa aspek. Sebutkan dan jelaskan!
a. Simbol : rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan harus deberikan makna tertentu.
b. Vokal : dihasilkan oleh alat ucap manusia.
c. Arti atau makna : hubungan antara rangkaian bunyi vokal dengan barang atau hal yang diwakilinya.
6. Jelaskan bagaimana memebedakan macam-macam ragam bahasa yang ada (tulis, lisan,formal, tidak formal, baku)!
      • bahasa lisan: bahasa yang dihasilkan melalui alat ucap, fonem sebagai unsur dasar (lafal).
      • bahasa tulis: bahasa yang dihasilkan dengan memnafaatkan tulisan dengan huruf sebagai unsur dasarnya (eja).



7. Mengapa bahasa Indonesia dalam penerapan dan penggunaannya mengalami beberapa kendala! jelaskan! 
8. Hal-hal apa sajakah yang membedakan ragam tulis dan ragam lisan ditinjau dari segi tata bahasa, struktur dan kosa katanya. Jelaskan dan beri contoh!
Ciri-ciri ragam lisan:
a.Memerlukan orang kedua/teman bicara;
b.Tergantung situasi, kondisi, ruang & waktu;
c.Tidak harus memperhatikan unsur gramatikal, hanya perlu intonasi serta bahasa tubuh.
d.Berlangsung cepat;
e.Sering dapat berlangsung tanpa alat bantu;
f.Kesalahan dapat langsung dikoreksi;
g.Dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik wajah serta intonasi
Contoh ragam lisan adalah ‘Sudah saya baca buku itu.’
Ciri-ciri ragam tulis :
1.Tidak memerlukan orang kedua/teman bicara;
2.Tidak tergantung kondisi, situasi & ruang serta waktu;
3.Harus memperhatikan unsur gramatikal;
4.Berlangsung lambat;
5.Selalu memakai alat bantu;
6.Kesalahan tidak dapat langsung dikoreksi;
7.Tidak dapat dibantu dengan gerak tubuh dan mimik muka, hanya terbantu dengan tanda baca.
Contoh ragam tulis adalah ’Saya sudah membaca buku itu.’
9. Apa yang menjadi tujuan dan fungsi tanda baca? jelaskan! Fungsi tanda baca secara umum adalah untuk menjaga keefektifan komunikasi
10. Apa yang terjadi pada penempatan tanda baca yang salah? beri penjelasan beserta contoh penggunaannya!
kita akan sulit memahami pesan yang disampaikan dan kesulitan dalam menafsirkan maksud dari pesan yang tertulis. kalimat tersebut akan bermakna ambigu.
Coba kita telaah kalimat “Atas perhatian Bapak saya mengucapkan terima kasih.”
Untuk mempermudah pembacaan, kita letakkan tanda koma pada tempat yang kita maui. Berdasarkan letak tanda koma tadi akan kita ketahui makna kalimatnya.
1. Atas perhatian, Bapak saya mengucapkan terima kasih.
2. Atas perhatian Bapak saya, mengucapkan terima kasih.
3. Atas perhatian Bapak, saya mengucapkan terima kasih.
11. mengapa dalam perkembangan ejaan yang disempurnakan mengalami perubahan dan revisi? dan kenapa harus ada EYD? jelaskan!
12. apa yang menjadi tujuan, alasan dan fungsi dari unsur-unsur serapan bahasa asing kedalam bahasa indonesia? sertakan contohnya!
13. jelaskan mengapa pilihan kata diperlukan dalam berbahasa baik lisan maupun tulisan!
14. apa saja yang menjadi pokok persoalan dalam pilihan kata?
15. jelaskan mengapa kontak sosial sangat penting dalam penggunaan diksi!
16. apa saja yang menjadi syarat dalam ketepatan dan kesesuaian diksi?
syarat ketepatan diksi:
1.Hindarilah sejauh mungkin bahasa aatau unsur substandard dalam situasi yang formal.
2.Gunakanlah kata-kata ilmiah dalam situasi yang khusus saja.
Dalam situasi yang umum hendaknya penulis dan pembicara mempergunakan kata-kata popular.
3.Hindarilah jargon dalam tulisan untuk pembaca umum.
4.Penulis atau pembicara sejauh mungkin menghindari pemakaian kata-kata slang
5.Dalam penulisan jangan mempergunakan kata percakapan.
6.Hindarilah ungkapan-ungkapan usang (idiom yang mati).
7.Jauhkan kata-kata atau bahasa yang artfisial
syarat kesesuaian diksi:
1. membedakan makna denotasi
dan konotasi dengan cermat,
2. membedakan secara cermat
makna kata yang hampir
bersinonim,
3. membedakan makna kata
secara cermat kata yang
mirip ejaannya,
4. tidak menafsirkan makna
kata secara subjektif
berdasarkan pendapat
sendiri, jika pemahamannya
belum dapat dipastikan,
pemakai kata harus
menemukan makna yang
tepat dalam kamus,
5. menggunakan imbuhan asing
(jika diperlukan) harus
memahami maknanya secara
tepat,
6. menggunakan kata-kata
idiomatik berdasarkan
susunan (pasangan) yang
benar,
7. menggunakan kata umum
dan kata khusus secara
cermat,
8. menggunakan kata yang
berubah makna dengan
cermat,
9. menggunakan dengan cermat
kata yang bersinonim,
berhomofon, dan
berhomografi,
10. menggunakan kata abstrak
dan kata konkret secara
cermat.
17. apa yang dimaksud dengan kalimat dan kalimat efektif?
Kalimat adalah satuan bahasa terkecil, dalam wujud lisan atau tulis yang memiliki sekurang-kurangnya subjek dan predikat.
Kalimat efektif adalah kalimat yang mengungkapkan pikiran atau gagasan yang disampaikan sehingga dapat dipahami dan dimengerti oleh orang lain
18. sebuah kalimat sering menjadi tidak efektif karena mengabaikan beberapa syarat. syarat apa sajakah itu? jelaskan!
1. KESATUAN GAGASAN
Memiliki subyek,predikat, serta
unsur-unsur lain ( O/K) yang saling
mendukung serta membentuk
kesatuan tunggal.
2. KESEJAJARAN
Memiliki kesamaan bentukan/
imbuhan.
ex. Anak itu ditolong kakak
dengan dipapahnya ke pinggir
jalan.
3. KEHEMATAN
Kalimat efektif tidak boleh
menggunakan kata-kata yang tidak
perlu & berlebih
4. PENEKANAN
Kalimat yang dipentingkan harus
diberi penekanan.
5. KELOGISAN
Kalimat efektif harus mudah
dipahami.
19. jelaskan apa yang dimaksud dengan alinea (paragraf)!
Paragraf atau alinea adalah suatu bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat.
Alinea atau Paragraf adalah kesatuan pikiran yang lebih luas daripada kalimat, berupa penggabungan beberapa kalimat yang mempunyai satu gagasan atau satu tema.
20. dalam kalimat efektif terdapat kalimat topik dan kalimat penjelas. jelaskan!
      • kalimat topik merupakan kalimat yang mengungkapkan gagasan pokok dalam kalimat yang bersangkutan.
      • Kalimat Penjelas adalah kalimat yang berisi gagasan yang mendukung atau menjadi penjelas kalimat utama
      •  
21. jenis-jenis alinea ada beberapa macam. sebutkan dan jelaskan satu persatu!
a. Paragraf pembuka
Paragraf ini merupakan pembuka atau pengantar untuk sampai pada segala pembicaraan yang akan menyusul kemudian.
b. Paragraf Pengembang
Paragraf yang terletak antara paragraf pembuka dan paragraf yang terakhir sekali didalam bab atau anak bab.
c. Paragraf Penutup
Paragraf yang terdapat pada akhir karangan atau pada akhir suatu kesatuan yang lebih kecil didalam karangan itu.
22. sebutkan macam-macam karya tulis ilmiah yang anda ketahui. jelaskan!
      1. Laporan penelitian adalah laporan yang ditulis berdasarkan penelitian. Misalnya laporan penelitian yang didanai oleh Fakultas dan Universitas, laporan ekskavasi arkeologis yang dibiayai oleh Departemen Kebudayaan, dsb.
      2. Skripsiadalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik sarjana strata satu (Si).
      3. Tesis adalah tulisan ilmiah untuk mendapatkan gelar akademik strata dua (S2), yaitu Master.
      4. Disertasi adalah tulisan ilmiah untuk mendapat gelar akademik strata tiga (S3), yaitu Doktor.
      5. Surat pembacaadalah surat yang berisi kritik dan tanggapan terhadap isi suatu tulisan ilmiah.
      6. Laporan kasus adalah tulisan mengenai kasus-kasus yang ada yang dilandasi dengan teori.
      7. Laporan tinjauan adalah tulisan yang berisi tinjauan karya ilmiah dalam kurun waktu tertentu. Misalnya Biologi-calAnthropohgy in the Americas: ¡900-2000.
      8. Resensi adalah tanggapan terhadap suatu karangan atau buku yang memaparkan manfaat karangan atau buku tersebut bagi pembaca.
      9. Monograf adalah karya asli menyeluruh dari suatu masalah. Monograf ini dapat berupa tesis ataupun disertasi.
      10. Referat adalah tinjauan mengenai karangan sendiri dan karangan orang lain.
      11. Kabilitasi adalah karangan-karangan penting yang dikerjakan sarjana Departemen Pendidikan Nasional untuk bahan kuliah.
23. syarat apa sajakah sebuah karya tulis ilmiah jelaskan!
      • Karya tulis ilmiah menyajikan fakta objektif secara sistematis atau menyajikan aplikasi hukum alam pada situasi spesifik
      • Karya tulis ilmiah ditulis secara cermat, tepat, benar, jujur dan tidak bersifat terkaan. Dalam pengertian jujur terkandung sikap etik penulis ilmiah yakni mencantukan rujukan dan kutipan yang jelas.
      • Karya tulis ilmiah disusun secara sistematis setiap langkah direncanakan secara terkendali, konseptual dan prosedural
      • Karya tulis ilmiah menyajikan rangkaian sebab-akibat dengan pemahaman dan alasan yang indusif yang mendorong pembaca untuk menarik kesimpulan
      • Karya tulis ilmiah mengandung pandangan yang disertai dukungan dan pembuktian berdasarkan suatu hipotesis
      • Karya tulis ilmiah hanya mengandung kebenaran faktual sehingga tidak akan memancing pertanyaan yang bernada keraguan. Penulis karya ilmiah tidak boleh memanipulasi fakta, serta tidak bersifat ambisius dan berprasangka, penyajian tidak boleh bersifat emotif.
 


KERJAKANLAH MENURUT PEMAHAMAN MASING - MASING DI KELAS!
1.      Terbagi menjadi berapa bagiankah sudut pandang penutur bahasa? Jelaskan!
2.      Apa saja cri ciri ragam bahasa baku ?
3.      Kapan bahasa Indonesia baku digunakan ?
4.      Sebutkan 3 saja tentang unsur – unsur bahasa baku?
5.      Berikanlah contoh kalimat baku dalam keadaan sambutan?


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ETIKA PERSIDANGAN DALAM BERORGANISASI

SILABUS BISNIS KREATIFITAS DAN INOVASI

TUGAS REMEDIAL BAHASA INDONESIA